Serba keberuntungan di awal 2013

Friday, August 30, 20130 comments




Tahun ini mungkin menjadi tahun keberuntungan dan kebetulan bagi aku dan teman-teman di divisi program dan studio.  Hal ini dimulai dari akhir tahun 2012.  Biasanya setiap akhir tahun divisi2 yang ada di rtv sibuk merencanakan acara jalan2.  Seperti divisi redaksi, mereka memutuskan untuk tour ke daerah pariaman tepatnya di pantai cingkuak sumatera barat.  divisi marketing dan divisi lainnya juga tidak mau ketinggalan, ada yang hanya tour ke bukit tinggi dan padang ada juga yang mengikuti jejak divisi redaksi yakni ke pariaman.  Di saat divisi lain sibuk dg tour mereka justru divisi program dan studio sibuk dengan pekerjaan.  Acara live baik indoor maupun outdoor, bertubi-tubi datang dan wajib dikerjakan.  Cerita tour di divisi lain hanya kami dengarkan tanpa komentar berlebihan.  Dalam hati, “Toh dari dulu memang divisi studio tidak pernah tour kemana-mana, kalau ke luar daerah pun karena tugas siaran live luar kota yang mengharuskan demikian, bukan untuk jalan-jalan.” Begitu pikir kami semua.

Namun ternyata Tuhan berkehendak lain (ceilehh bahasanya……).  Keberuntungan pertama bagi divisi kami pun hadir.  Dimulai dari menangnya 3 program acara divisi studio di KPI award yang diadakan oleh KPID prov riau. Dari sepuluh program acara yang dikirimkan untuk mengikuti perlombaan tersebut, ternyata riau tv memenangkan 3 kategori yang ketiga-tiganya diproduksi oleh divisi program dan studio. Ketiga program tersebut yakni program bebual dalam dendangan edisi menyulam songket, program ocu Kampar dan dialog pariwisata, mengangkat kebudayaan melayu di masyarakat local.    Kemenangan ini bukan saja membuat bangga divisi studio namun juga membuat senang para kru dengan diterimanya uang tunai sebagai hadiah perlombaan tersebut. 


Kemenangan tersebut memaksa kami mengadakan rapat luar biasa (memang bukan rapat biasa krna baru pertama kali menang..hihihi). Dalam rapat tersebut dibicarakan uang hadiah tersebut akan diapakan? Apakah dibagi-bagi kepada masing-masing kru? Ada masukan lain?
Para kru mulai berfikir.  Sampai akhirnya keluar jugalah keinginan dari mulut masing2 kru program bahwa sangat ingin sekali tour ke suatu tempat sekedar melepas segala beban kerjaan yang dihadapi setiap hari.  Manager kami Ibu Luna Agustin (jangan salah yaaa..bukan luna maya..) menyetujui dengan syarat: pertama, tour tersebut dibagi dalam dua kelompok.  Disaat Kelompok pertama berangkat maka kelompok kedua bekerja begitu juga sebaliknya.  Hal ini disebabkan studio sebagai ujung tanduk rtv tidak boleh ditinggal atau kosong barang seharipun karena klo semua kru pergi, rtv tidak akan bisa siaran (heheheh..itu sih sudah jelas bu……ungkap kami dalam hati sambil senyum2 simpul mati).


Syarat kedua, jadwal tour tidak bisa diakhir tahun 2012, karena padatnya jadwal live baik indoor maupun outdoor dan juga tidak bisa diperetengahan tahun 2013 karena mulai bulan mei hingga september akan banyak even seperti hut rtv, bulan ramadhan, idul fitri, dan juga hut RI serta even2 lainnya yang sangat padat dg jadwal siaran live. Sipp….jawab kami seerentak…..(ntah serentak semua ato enggak yang pasti semua menyetujui syarat yang kedua tersebut).


Nah syarat yang terakhir, tujuan tour harus sesuai budget yang ada (Ya iya dong…klo budgetnya lebih masa kami harus ngutang? Kan gak lucu jalan-jalan tapi ngutang).  Kami semua mulai mengerinyitkan kening nihhh…mulai mikir, kemana enaknya tujuan tour kami yang perdana ini.  Berbagai usulan dilontarkan.  Mulai dari tour ke daerah sumbar seperti divisi lain hingga tour ke Yogyakarta.  Dengan pertimbangan jika tour ke Sumbar, transportasi disediakan oleh kantor sehingga kami hanya menanggung uang makan dan penginapan saja.  Sementara jika tour ke Yogyakarta, kami hanya menanggung transportasi dan makan saja sementara penginapan bisa numpang di rumah wakil manager yang kebetulan anaknya kuliah di sna.  Akhirnya jogyapun jadi tujuan utama dgn tambahan syarat, dicek terlebih dahulu harga tiket ke jogya.  Klo budget mencukupi kami berangkat.  Klo tidak yahhh terpaksa sumbar jadi pilihan terakhir.  Dan tugas mengecek tiketpun diserahkan kepada saya.  Ya saya…..bukan pada agen tiket atau agen travel…maklum klo pake kedua agen itu bisa ada tambahan biaya lagi.  Rapatpun selesai.


Setelah itu saya pun memulai pencarian tiket tersebut.  Wow..wow..wow…tiket ke jogya mahal. Walopun disaat harga tiket promo, budget yg ada tetap saja tidak mencukupi untuk ke sana.  Dan Walaupun manager berjanji akan menambah jika ada sedikit kekurangan namun tetap saja untuk kesana menghabiskan dana yang sangat jauh dari budget. “Gak mungkin-gak mungkin,” ujar ku.  Yahhhh….kawan2 pada kecewa…..maaf-maaf..pencarian gagal. 


Keberuntungan kedua pun akhirnya menampakkan diri, wujudnya seperti apa? Nah ini ceritanya. Suatu saat, iseng-iseng ku lirik penerbangan air asia, dan wow… ada tiket untuk pku – kl seharga 119 ribu rupiah. Setelah ku hhitung-hitung termasuk hotel dan akomodasi semua sesuai budget.  Wah berita bagus ini.  Akhirnya kami rapat lagi, lagi dan lagi hingga kesimpulan akhirnya tour disepakati ke kuala lumpur malaysia dengan catatan beberapa orang tidak ikut dalam tour karena sesuatu dan lain hal. So…tour dibuat hanya 1 rombongan.  Tapi, masihh ada tapinya…..bagi yang belum pnya passport harus segera membuat passport dgn biaya ditanggung sendiri…(hmm ya iyalah masa ditanggung orang lain).  Semua sepakat, dan untuk pengurusan passport para kru juga diserahkan tanggung jawab kepada aku.  What?? aku lagi….? Oh My God….okey..okey…no problem..karena passport lama ku juga telah mati di tahun 2007 lalu, maka aku juga bakal mengurus passport.  Jadi ya sekalian. Dan tiket pesawat air asia plus hotelpun dipesan en dibayar. Yesss!!!

Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Ruang Semu Ku - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Fera Zandra
Proudly powered by Blogger